Langsung ke konten utama

Acara Gamabasis 2015 : Penyuluhan

Apa yang harus kita lakukan agar bisa diterima orang lain untuk pertama kalinya? Berkenalan! Benar sekali. Tak kenal, maka tak sayang, tapi apa benar hanya berkenalan saja sudah cukup?

Jika di dunia pertemanan kita kerap mendengar istilah berkenalan, di gamabasis kita memiliki nama berbeda. Penyuluhan Pendidikan. Yap. Penyuluhan adalah sebuah kegiatan menyiarkan kedatangan himbio untuk pertama kalinya di lokasi pengabdian kepada masyarakat, tapi penyuluhan dikhususkan ke sekolah-sekolah. Apa sebabnya? Tentu saja karena kita adalah calon guru :) Bertemu murid lantas mau berlari? Tidak boleh sama sekali. Oleh karena itu, untuk meyakinkan para peserta Gamabasis yang notabene mahasiswa baru bahwa mereka adalah calon guru, di sinilah tempatnya. Mereka tidak cukup hanya menjadi kakak-abang yang baik dan membuat adik-adik merasa nyaman. Sebab jika hanya itu, mereka cukup menjadi teman bermain saja. Penyuluhan pendidikan lebih dari itu, kegiatan ini menjadi pintu masuk dari segala agenda lainnya yang melibatkan sekolah. Perkenalan yang mengesankan, penyampaian suatu materi yang telah ditentukan, promosi prodi dan universitas, memberi semangat masuk universitas, beasiswa-beasiswa yang ada di Universitas Tanjungpura, dan terakhir tentu mempromosikan kegiatan gamabasis yang akan diadakan di sana.



Apabila penyuluhan tidak dilakukan dengan baik, maka tidak hanya sekolah yang tidak yakin, tetapi acara-acara akan terancam tidak mendapat partisipan. Biasanya di akhir penyuluhan, peserta gamabasis akan meminta adik-adiknya memberi kesan untuk mereka. Nah, biasanya ini yang tidak akan terlupakan. Pesan-pesan mereka ini akan terus teringat jika disimpan dengan baik, bahkan menjadi motivasi apabila kita sedang tidak semangat kuliah. Duh, terharunya.

Bagi mereka yang masuk ke SD, harus siap-siap membawa kue-kue kecil dan permainan. Sebab anak-anak tidak mudah fokus hanya dengan komando "Ayo, diam dulu ya kakak mau bicara," :D Tidak, tidak bisa. Tapi pada kenyataannya peserta yang "tidak mau pulang" umumnya yang masuk ke sekolah dasar. Cie, yang naluri pendidiknya mulai tumbuh.



Perjalanan penyuluhan di Padang tikar tidak merepotkan. Sekolah-sekolah tidak banyak yang jauh dari camp. Untuk mereka yang memasuki sekolah sekolah tertentu dan lokasinya agak jauh dari camp, bersiaplah diantar dengan tossa. Yah, nggak apa-apa dong sedikit teriak-teriak. Hehe.

Mereka pulang di tengah hari untuk beribadah dan makan demi mengembalikan energi. Ya, mereka harus mengisi kembali energi dengan nutrisi, sebab kegiatan lain sudah menunggu! ;) (dmp)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Ilmuan Biologi Muslim yang Dilupakan Sejarah

1.         Al Jahiz Al-Jahiz dilahirkan di Basra (Irak) pada tahun 781 Masehi. Ia adalah pencetus pertama teori evolusi. Sayang namanya tidak disebutkan dalam buku-buku pelajaran biologi di sekolah maupun di perguruan tinggi. Pelajar dan mahasiswa lebih mengenal nama Charles Darwin, ilmuwan yang hidup seribu tahun sepeninggal Al-Jahiz. Darwin yang hidup pada masa 1809-1882 itu dikenal melalui bukunya bertajuk On the Origin of Species (1859). Jika Darwin pernah menulis soal migrasi burung-burung di Kepulauan Galapagos, maka jauh sebelum itu Al-Jahiz juga pernah melakukannya. Al-Jahiz adalah ahli biologi pertama yang mencatat perubahan hidup burung melalui migrasi. Dia berpendapat, lingkungan dapat menentukan karakteristik fisik makhluk hidup. Asal muasal beragamnya warna kulit manusia, misalnya, terjadi sebagai akibat dari lingkungan tempat mereka tinggal. Al-Jahiz (781 M - 869 M) merupakan ahli biologi pertama yang mengungkapkan teori struggle for existence (berjuang untuk

BIOPERS : CYBER BULLYING

 Halo pembaca sekalian semoga selalu sehat dan bahagia yaa! Zaman sekarang, teknologi semakin canggih aja dan komunikasi juga semakin dipermudah. Tapi ternyata semakin kesini, orang-orang yang gak bijak dalam menggunakan teknologi tersebut malah menjadikan fasilitas yang disediakan seperti social media malah dijadikan lapak untuk menyebarkan hoax dan paling parahnya dijadikan sebagai tempat perundungan secara online atau yang biasa kita kenal sebagai cyber bullying . Untuk saling mengingatkan, dibawah ini akan ada bacaan mengenai cyber bullying nih, agar kami, kalian, dan kita semua dapat lebih bijak dalam berinteraksi di social media 💚 CYBER BULLYING Bullying yaitu dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai “penindasan atau risak”   yang merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. P adahal pera

BioInfo : Entognatha, Heksapoda yang bukan serangga

Pada umumnya, mahasiswa akan menyatakan bahwa heksapoda itu adalah artropoda berkaki enam atau serangga, atau heksapoda sama dengan serangga. Jika dinyatakan bahwa serangga adalah heksapo da, maka hal ini benar. Namun, jika dibalik, yaitu bahwa heksapoda adalah serangga, maka pernyataan tersebut menjadi keliru. Nah, lalu bagaimana sebenarnya kedudukan heksapoda, serangga, dan artropoda berkaki enam? Di dalam filum Artropoda, Entognatha dimasukkan ke dalam klas tersendiri, sesuai namanya. Dan bersama dengan Klas Insecta (serangga), Entognatha adalah anggota subfilum Heksapoda (artropoda berkaki enam). Klas Entognatha mencakup tiga ordo, yaitu: 1.Protura 2.Diplura, dan 3.Collembola (ekor pegas) Kebanyakan hidup di dalam tanah, dan berperan sebagai pemakan bahan organik (detritivora). Oleh karena itu, keberadaan mereka di lingkungan sangat bermanfaat. Para ahli juga sering menggunakan keragaman kelompok heksapoda ini untuk menentukan kualitas kandungan bahan organik tanah, maupun seba