HOPE 3 : Dari Biota Menuju Himbio Jaya

Yahya Muhaimin | Ketua Himbio 2013-2014

Biota tempat untuk belajar
Tempat untuk kita mencari ilmu
Biota tempat orang penuh kreativitas
Tempat orang-orang yang cerdas

Kami bukanlah anak-anak malas
Kamilah para pekerja keras
Kamilah Anak Prodi Biologi
Dan kami.....Selalu Happy

Inilah lagu kebanggan yang selalu dinyanyikan dari tahun ketahun oleh setiap generasi baru Himbio. Masih ingat dalam benak saya, dua tahun yang lalu saya adalah salah seorang mahasiswa baru yang dengan semangat menyanyikan lagu ini. 

Dua hari yang lalu, Sabtu, 21 September 2013 lagu ini kembali menggema di sebuah ruangan yang menampung sekitar 97 orang mahasiswa baru Prodi Biologi angkatan 2013. Mereka adalah generasi baru Himbio, penerus estafet perjuangan mewujudukan Himbio jaya sebagaimana janji yang telah dikrarkan dari generasi ke generasi.

Kemajuan suatu bangsa ada di tangan para pemudanya, kemajuan suatu organisasi ada di tangan kader-kadernya.

Mulai tahun ini Biota bukan lagi bimbingan dan orientasi calon anggota. Sesuai hasil musyawarah tahunan yang lalu, Biota kini hanyalah Bimbingan calon anggota. Kenapa harus berubah? alasannya sederhana, kita tidak ingin lagi Biota menjadi kegiatan yang menakutkan karena embel-embel kata orientasi. Kita tahu bersama bahwa kata orientasi di sekolah dan kuliah selalu dikaitkan dengan perploncoan. Walaupun sejatinya keduanya adalah hal yang berbeda.

Selain itu, kami percaya bahwa kata bimbingan sudah cukup mewakili berbagai kegiatan yang ada di dalam Biota. Orientasi dan adaptasi mahasiswa merupakan bagian dari bimbingan, maka adanya kata orientasi juga menjadi kata yang mubazir.

Tidak perlu lagi kita meributkan nama dan kepanjangan, yang penting adalah bagaimana Biota berjalan lancar hingga tujuan untuk mewujudkan kader-kader Himbio yang matang, yang siap turun dalam medan keorganisasian benar-benar tercapai.

Biota bukan ospek, bukan pula perploncoan. Biota adalah sebuah proses menuju kematangan. Bagi mereka yang sudah terbiasa berorganisasi, biota adalah upaya untuk beradaptasi sedangkan bagi mereka yang sama sekali baru dalam organisasi, inilah tempatnya untuk belajar banyak hal tentang organisasi.

Tidak semua mahasiswa memiliki minat terhadap organisasi. Pasti ada yang kemudian berpikir bahwa organisasi sama sekali tidak penting. Kita menghargai pendapat itu. 

Biota bukan semata mengenai organisasi,  lebih dari itu Biota adalah upaya meng-upgrade diri. Di Biota diajarkan tentang kepribadian, tentang keteguhan, tentang kebersamaan, dan menerima kesederhanaan. Bagi yang menjadikan Biota sebagai beban maka ia akan terasa begitu berat dan melelahkan. Namun bagi mereka yang menjadikan Biota sebagai arena pembelajaran, maka Biota akan terasa begitu menyenangkan. Ini hanya soal sudut pandang dan pola pikir.

Melihat antusiasme adik-adik di Biota pertama yang lalu saya semakin yakin bahwa Himbio jaya bukan lagi sebatas jargon. Himbio jaya akan segera terwujud. Saya dapat melihat bagaimana api semangat berkobar di mata mereka. Tentu ada yang terlihat ogah-ogahan. Namun saya yakin, semangat itu akan menular.

Saya suka saat mereka kritis, saya suka saat mereka berani bertanya, saya suka saat mereka bahkan membuat saya malu karena tidak bisa menjelaskan makna dari lambang Himbio. Mereka mengingatkan saya bahwa dengan posisi ketua, saya harus terus belajar. Bahkan untuk hal yang sesederhana itu saya tidak tahu. Ingin rasanya saya menutup muka saya karena malu. 

Karena di setiap mereka tersimpan janji kehidupan yang lebih baik.
Biota adalah arena pembelajaran, bukan arena bersenang-senang. Tentu akan banyak hal yang bisa dikeluhkan, namun lebih banyak hal lagi yang seharusnya bisa dibanggakan. Dari biota yang sederhana, kami berharap akan hadir generasi baru yang luar biasa.

Menjadi bahagia itu penting, namun berbagi kebahagiaan itu lebih penting.

Himbio! Jaya!




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Ilmuan Biologi Muslim yang Dilupakan Sejarah

BIOPERS : CYBER BULLYING

BioInfo : Entognatha, Heksapoda yang bukan serangga