BioInfo : Phytotelma


Secara etimologi, kata phytotelma (kata tunggal) atau phytotelmata berasal dari kata Yunani: phyto- (tumbuhan) dan -telma (kolam). Jadi, phytotelma berarti “kolam” atau cekungan yang berisi air pada (bagian tubuh) tumbuhan. Kamu pasti pernah memperhatikan, bahwa pada bagian tertentu pohon — umumnya adalah “ketiak” batang — ada bagian yang berbentuk lekukan seperti mangkuk. Pada musim hujan, bagian ini hampir selalu terisi air. Lalu, ada apakah di dalam “kolam” ini.

Pernah melihat tumbuhan kantung semar? Nah, tumbuhan ini adalah salah satu bentuk phytotelma dan membentuk kerjasama yang saling menguntungkan dengan serangga.

Sebagai tumbuhan karnivora (pemakan daging), tumbuhan ini memikat mangsanya dengan gabungan bau, warna, dan nektar. Mangsa yang tertangkap akan dicernakan di dalam kantung. Nah, larva beberapa jenis serangga, misalnya nyamuk (jentik-jentik) memanfaatkan bahan organik yang terkandung di dalam kolam ini, sedangkan sang tumbuhan akan mendapatkan tambahan “pupuk” atau pakan dari kotoran yang dikeluarkan oleh jentik-jentik tadi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Ilmuan Biologi Muslim yang Dilupakan Sejarah

BIOPERS : CYBER BULLYING

BioInfo : Entognatha, Heksapoda yang bukan serangga